Wednesday, June 25, 2008

STATISTIKA

Statistika merupakan suatu cabang ilmu pengetahuan yang bertujuan untuk mempelajari tata cara pengumpulan data (sampling), pengolahan data, penyajian data, analisis data dan pengambilan keputusan berdasarkan data.
Secara umum, proses statistika selalu melibatkan data sebagai inputnya. Sebagai alat yang berfungsi untuk mengolah suatu data, penjabaran metodologi statistik didasarkan pada tiga hal yakni proses analisis, asumsi bentuk distribusi dan banyaknya variabel yang dilibatkan. Metodologi statistika berdasarkan proses analisisnya meliputi analisis deskriptif dan analisis konfirmatif (inferensial).

Statistika deskriptif memberikan informasi secara visual dan lebih bersifat subjektif dalam pembuatan analisisnya. Sedangkan statistika konfirmatif (inferensial) dapat memberikan informasi secara lebih objektif terutama dalam proses pengambilan keputusan yang ditunjang dengan adanya nilai tingkat kesalahan pengukuran.

Rumusan metodologi statistika selain dikembangkan berdasarkan proses analisisnya juga dikembangkan berdasarkan penggunaan asumsi bentuk distribusi. Apabila suatu alat statistik dikembangkan dengan menggunakan bahwa variabel yang menjadi inputnya memiliki bentuk distribusi tertentu maka rumusan tersebut dinamakan statistik parametrik. Sedangkan metodologi statistik yang rumusannya dibuat tanpa adanya asumsi bentuk distribusi dinamakan statistik non parametrik.

Berdasarkan banyak variabel yang terlibat juga menjadi salah satu dasar untuk membedakan metodologi statistik. Semakin banyak variabel yang terlibat mengharuskan adanya suatu metodologi yang secara langsung mengolah data bersamaan tidak terpisah untuk setiap variabel. Oleh karena itu, berkembanglah suatu metode statistik multivariate yang semakin hari semakin banyak diminati banyak peneliti karena kelebihannya.


No comments: