Friday, June 20, 2008

Make Your Opinion About Your Lecturer

Untuk Mahasiswa 'n Mahasiswi Universitas Indraprasta PGRI (hanya untuk MAHASISWA), Anda diberi kesempatan untuk memberikan opini tentang dosen yang mengajar di kelas:

Silahkan memberi komentar dengan cara menuliskan nama dan atau nomor NPM, kemudian tuliskan opini Anda tentang dosen.

Dalam hal ini ditekankan opini tentang saya.

Hal yang perlu dikomentari: gaya mengajar, disiplin, penguasaan materi, kemampuan memotivasi dan hal-hal lain.

Komentar Anda untuk kemajuan bersama...



Terima kasih dan selamat berkomentar...

55 comments:

Anonymous said...

Orangnya baik, cukup sabar walaupun kadang-kadang jadi agak jutek kalo mahasiswa agak susah nyambungnya.
Trus, biasanya kalau ngasih tugas banyak bangets.. tapi bagus juga sich, kita jadi dilatih untuk belajar lebih giat dan berusaha mengejar target-target yang kelihatannya gak mungkin, tetapi bisa dikejar.
Maju Terus Pantang Mundur

Anonymous said...

Orangnya baik, cukup sabar walaupun kadang-kadang jadi agak jutek kalo mahasiswa agak susah nyambungnya.
Trus, biasanya kalau ngasih tugas banyak bangets.. tapi bagus juga sich, kita jadi dilatih untuk belajar lebih giat dan berusaha mengejar target-target yang kelihatannya gak mungkin, tetapi bisa dikejar.
Maju Terus Pantang Mundur

dwi said...

dulu ngasih tugas kebanyakan, skarang sih gak terlalu banyak, eh tadi ngasih quiz cm 3 sih tp beranak pinak.cape saya pak.tp karena saya msh bth ma MK INI ya saya telan aja deh.biar bpk kayak gitu saya mo bilang thanks 4 everything!

Anonymous said...

pak akhirnya sya bs ksh comment bwt bpkd blog in.huh.....tp bwt lbh jlsnya ntr aj y p cz sy lg buru2 neh,mo prg,bpk mo ikt g?!........
wkakaka.......
btw,thx 4 ur coffee....

Anonymous said...

septi said....
yg sbar k-lo ngajar,gk smua anak pnya kemampuan lbh,sedikit ngasih tgas lbh berarti drpda kbnyakan tgas bikin pusing

Anonymous said...

selamat sore pak loenard............
putri pny sedikit comment ne bwt bpk agr bs lbh baik dlm mengajar.
1.menurut putri cara mengjar bpk ud ckp baik,bpk udh bs membwt mahasiswa2 bpk mengrti akn ilmu statistk yg susah bgt itu.cara bpk menyampaikan materi jg ckp mudh d pahami cma kdang2 bpk sk kecepatan ngejlsinnya,kl bs d ulang 2 atw 3 kli gt.
2.kl mo ksh tgs tlg d pkir2 lg y!!mksdny kl mo ksh tgs jgn bnyk2,mndingan sdkit kan pak tp qta ngerjainnya sndri&ngerti dr pd bnyk tp nyontek sm yg lain,sm aj bo'ong kan pak.trs tgsny d jlsin dlu dong jgn kyak wktu tgs ttg koef determinasi&kawan2nya itu.
3.kurangi korupsi wktunya pak.bpk tu kdang2 sk menyelesaikan klh sblm wktunya,kl cma 10 atw 15 mnit sih gpp,asl jgn kbnyakan&keseringan.
kykny sgitu aj de pak,kl pun msh ad putri anggap ga ad lah&ud putri maafin lgan putri jg g sempurna sbg seorg mahasiswa.kl bpk mo ks kmentar k putri jg blh kok!!smg di mk statistk brikutnya qta msh bs bertemu lg y pak,bpk g bosen kan ktemu putri lg?!kl putri sih g,scra tmpang bpk bs ngilangi kestresan putri swktu bljr statistik,wkakaka....
intinya pak leo adlh dosen statistk yg plg oke,dr smua segi cara mengajar,penguasan materi,penampilan smpe k tampang,hehehe.....
pkoknya putri demen dah ama bpk.....
cayoo bpk leonard.......
oia satu lg pak,jgn prnh bosen ngajar mahasiswa bsh inggris y....;0)
thatha,cu......

Anonymous said...

segerrrrrrrr trusssssssss jangan lpa neh anak 2B.......
bleh dung kasih coment..........

pak klo bisa bukuna dibagiin
dung........
blajar bareng gituh............
gile ngajarna na ngga pke ngerem......
tabrak trusssssssss......
oghhhhh ya jngan lpa bwat anak 2B nilai plusssssss A.......

oghyyaaaaaaaa dah bikin perpus lum.......? klu ngga salah bukunya bejibun tuh.........?
kwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwk..........?

sorry negh pak ktana suruh coment.......
yah inilah unek2 slama ni.......
9 bulan neghhhhhhh pak saya blajar ma bapak klu ngga kuat saya branak deghhhhh pak........
heheheheheheeh.......

Anonymous said...

Cara Ngajar bapak sedikit unik ,aneh ...tapi asik juga pak..bener bener mempermainkan otak ...Ok s Banggggetttttt

naomi said...

dear pak leo..

mmm ,gmn iia gga bnyk kok yg bs sy kmntrn dr bpk .scr sy amat sgd gga sk statistik
jjr aj sy ga prnh ngrti
tp sbg dosen ,bpk plg yahud !! s'alnya bnyk ya cew2 yg sk sm bpk pdhal kan ....bpk byasa aj
hhe !!

oiia sy mw blg makasii bpk udh sbr ngjr di kls B.inggris .krn bpk sy smngt kul pg,gga tw dh sbbnya knp
tp bsk2 kl lg krja jgn di meja sy pak ,kn smpit
hha.hha

_naomi_

putri bhs.indonesia 4B said...

Menurut pendapat saya, bapak orangnya baik
Memberikan tugas lumayan rumit dan buat kita sedikit pusing he..he..
Selama mengajar, bapak mencoba berbagai cara agar kami mengerti, tapi kenapa ya, bapak masih belum yakin pada kami kalau kami mengerti, walaupun memang kami hanya sedikit mengerti. Ya..mudah-mudahan dengan adanya tugas yang diberikan dapat meningkatkan kemampuan kami dalam memahami pelajaran.
Saya mohon agar selama mengajar, bapak fokus mengajar, dalam artian ketika menerima telepon, ya tolong di luar jam mengajar.
Sekian dulu komentar dari saya, mudah-mudahan bermanfaat.
Terus semangat ngajar kita ya pak!

bleckock said...

tony says:
cr mmbr materi bgs,tugas bagus walau byk krn tuk kmjuan mhsw,contoh jgn cm 1-2 ksh jln yg lain dunks!
silabus kelar kabeh pak,tapi knp nilai sy jelek ya!

carens3 said...

pak kalo kasih tugas jangan banyak2 dunk...di itung donk...inget takeran mahasiswanya pak...kalo tugasnya banyak berarti nilainya harus tinggi pak...ya minimal b+ pak....heheheheeeee.....oiayah tapi saya salut sama bapak...ternyata bapak orangnya cukup sabar dengan mahkluk klas 2d....dengan semua keanehannya....w/ respect (frederik)

irma said...

irma 6b

duh bpk tuh ngjarny ky kereta express...yg ada bukannya ngrti mlh jd keblinger.
Truz bpk kyny aga2 pilih kasih gitu, tp it's ok asal g ngaruh ke nilai ny aja...
kesan 2 ny
y wlaupun secepat kereta express but qu jd ngerti bgt ma MK ni.
thx 4 your kindness, wlaupun mngkin kta thx g sbanding dgn ilmu yg bpk ksh...

Anonymous said...

ooo ini yang namanya pak LEo yah???

mmmmh, its reallly bad docenten i thought!

sorry y pak, saya bukan mahasiswa yang pernah diajarin bapak, tapii saya denger cerita2 'bad' all 'bout you 'sir!!

arggghhhh, its annoying me!!


(wanna know me, c my facebook : Woenschubbie@hotmail.com)

Anonymous said...

hallo pakk,,

saya mau kasii komentar niy, tapi jangan tersinggung yah!
1. sebenarnya saya sukaa cara ngajar bapak, tapi yang gak saya suka dari bapak, kalo ngomong KECEPETAN!!! kaya kereta api yang gak ada titik komanya..jadi, kalo bisa ngajarnya lebih slowly.
2. jangan terlalu bnayak kasi tugas, karena belum tentu mahasiswa/i punya waktu banyak u/ statistik, secara..masih banyak mk yg lain gituu loch!
3. kalo mengenai "attitude".. okeh2 aja c, cuma kalo bisa, ngajarnya pake jas sama dasi kupu2 aja pak, lengkap deh kaya seles masuk kelass...hahahahaha just kiding.pokoke, all ur attitude nilainya 100.
4. oiaaa, atu lagii niy, bapak kalo ngomng kok bibirnya gituu yah?!?!?!..sebenernya kan gak mesti kaya "gitu" yah?!?!?mmh,bapak udah manis kok, jadi biasa aja x pak!!
5. adaa lagii niy pak!! makasihh banyak untuk waktu, tenaga dan pikiran buat kelas 6A bahasa Inggris, yang terkenal dengan TEAM RUSUH! jangan kapok2 yah pak, coz gak ada kita2 kan gak rame pak! hahahaha, kitaa gitu lohhh!
OK, tengktu ya pak!!

GBU..

--Pratiwi Jakti---

x_midzae said...

pak....kalo ngasih tugas mbok ya jangan buanyak2....trus knp segh, kalo bapak nerangin tuch buru2 ajach??? mank mau cepet2 pulang yach pak?? pak, kalo becanda garingnya minta ampun,,,
taphi.... di balik semua itu.... saya tetep suka koq kalo diajari ma pak LEO.... masih muda, ganteng, pinter, cool, TOP lah.......
semoga ilmu yg bapak berikan dapat bermanfaat buat kami.... karena penting bgt buat skripsi.... Thanks for everything your giving to me (spesial buat X_MIDZAE)!!!!
pak,,,, nti boleh dunk bantuin bikin skripsi!!!! hahahaha
pesan terakhir buat pak leo, mudah2an semester depan g jd asdos lage,,, tapi jadi dosen.....
SEMANGAT!!!!!!!!!!!!!!!!
pak, maaf yacg.... kalo masuk kita terlambat trus!!!!
pak leo,,, kalo ketemu di jalan SMILE dunk..... jangan diem ajah!!!!!
x_midzae@yahoo.com
4B pend. Bahasa dan Sastra Indonesia

fox said...

saya suka cara bapak mengajar,,,,,
bapak mengajarkan kami dengan sangat baik, lalu kalau boleh saran kalau ada tugas sebaiknya diberi nilai, agar yang mengerjakan cukup merasa puas dengan tugasnya, dan dapat mengerti kesalahan yang ada dari nilai tersebut sehingga bisa lebih mengembangkan kemampuannya.

-Fadillah-

Anonymous said...

saya suka cara bapak mengajar,,,,,
bapak mengajarkan kami dengan sangat baik, lalu kalau boleh saran kalau ada tugas sebaiknya diberi nilai, agar yang mengerjakan cukup merasa puas dengan tugasnya, dan dapat mengerti kesalahan yang ada dari nilai tersebut sehingga bisa lebih mengembangkan kemampuannya.

-Fadillah-

Anonymous said...

pak k'lo ngajar jgn cepet2, banyak yg blm ngerti, eh sdh ganti materi, bukannya ngerti malh tambah bingung !!!

teguh_jokes said...

bapak orngnya ganteng, tp knp k'lo ngajarnya buru2, kaya orng kebelet, he..he...(becanda pak '), yg pasti bapak orngnya asyik, saya bs ngerti materi yg diberikan, tp knp nilai uts saya jelek ( mngkin karena saya gak nyontek !!)

Anonymous said...

IJAN ( TEKNIK INFORMATIKA )

Blog -nya Lumayan juga Sen... Bapak Orang yang berdedikasi tinggi dan patuh perhatian terhadap mahasiswa, tapi kurang memperhatikan diri. BIJAKAH???

Anonymous said...

pak kalau kasih tugas diperiksa donk kita kan tau mana yg salah n benar!!!

Anonymous said...

siaNK paK.....

ComEnT bWt BaPak.....
BapAk kLw LaGi nGaJar seRiUs Ban9uD... jD aGaK TkuT...
Pak JangAn PelIt2 dUnk.. mA niLai
tRus Pak TugaS nA tu LocH beRunTun ban9Ud...


noviana Dyah
TI 2b

Anonymous said...

heehmmm...Pak Leo???gmn yach??? hehehe. the best dech pokoke pak.
1. kalo ngajar, "vulgar" dalam penjelasan. hehehe,maksudnya langsung ke intinya geeto
2. kalo ngasih tugas segambreng...
mudah - mudahan apa yang bapak sampaikan dapat bermanfaat untuk kami. thx ya pak

oghie

Anonymous said...

Pak Leonard kalau nerangin materi kuliah jangan cepet2, ma'lum kita udah tue, jadi otaknya rada lemot. bukan pelajan aja yg di pikirin, kontrakan, belanja bulanan dll. jadi slow down aja yang penting nyampe dgn selamat. oke?? Thank's

gadisdesa said...

pa' ktanya disini ada kisi2 tp sy cr ga ktm2, di mandra nya seh????

oya ngomong2 kue dari saya enak ga, klo enak bisa pesen qo.. oya itu dri saya dan teman2 lho..

thanks ya pa, hrp dibles..

oya sementara sy cm pengen krm ini aja, klo komen ntar aja ya...

hi...3x

Leonard Mangunsong said...

Buat semua yang sudah kasih komentar, saya mau bilang terima kasih. Komentar kalian sangat berarti buat saya..

Buat mahasiswa (Woenschubbie@hotmail.com), terima kasih juga udah mampir dan kasih komentar. Kata orang, gak kenal gak sayang loch... jadi kapan-kapan kita ketemuan aja n nikmati sensasinya sendiri. Gimana?

Buat Naomi, meja kerja saya dimana aja kali, jadi nikmati donk...

Buat Putri, cerewet bangets sich jadi orang...

Tugas Banyak... boleh juga nich dipikirkan, tapi GAK BISA... Besok-besok Tugas tetap BANYAK... (hahahha)...

Buat mahasiswa yang mau bahan UAS, silahkan bisa dilihat juga di sini...

Akhirnya, thanks All.. God Bless U...

Noval Mycs said...

Solusinya bagaimana nih, saya jarang masuk & sama-sama jarang masuk. Dan klo masuk pakai sistem Express.

Salam

Oval

ayu said...

allo bapak(udah bpk2)........
mav ni baru ngasih comment sekarang,sibuk bgt buat uas ma upm.hehehehe...
hmmmmm...pa leo itu sebnrnya baik,sabar(apalagi klo lagi dihina dina sama mega),cara ngajarnya jg oke,ilmunya tentang statistik jg bagus.bapak jd dosen statistik ja,cocok bgt d...frekuensi kehadirannya jg bagus,wlpn awalnya agak males2n.tapi akhirnya,terpesona jg ma mahasiswanya yang rajin2...he.
semoga disemester depan kita ketemu lg,n jgn bsen ma mhsiswa bpk yg kritis2.yohanes suryo ja klah kritisnya.he.
ok pa leo,bye...

sii naomi said...

iidih mentang" dosen .gga bole gtu pak ngebajak meja mhsiswii !!

asli pak sy ga bs nyonyek kl bpk dpn saya

Anonymous said...

siiip dah......

Anonymous said...

to MR.Leonard
pak gimana ni pak soal2 yang keluar di ujian kemarin, materinya kan belum bapak ajarkan semua khususnya kelas 2d TI
kalo bisa kasih sedikit dispensasi donk pak, jangan pelit2 ngasih nilai, kecuali bapak ngajarnya lengkap, kami bisa nerima nilai apapun dari bapak.
thankzzz......

Anonymous said...

Manusia selalu berharap yang baik. Namun untuk menerapkan kebaikan suatu yang sangat sulit, artinya kebaikan dapat dipahami oleh pelaksana , sedangkan yang menerima belum tentu ya ..? Inilah hidup. Jika kita menilai kebaikan dalam persepsi diri maka itu kesalahan yang besar. Nilailah kebaikan dalam konteks kebenaran.

Anonymous said...

Bapak memang sakit, akan tetapi pemikiran bapak cukup bermanfaat bagi kehidupan. Keberhasilan bapak dapat menjadi teladan bagi kami untuk terus berjuang mencari pengetahuan untuk kehidupan orang lain

Leonard Mangunsong said...

Siapa nich di atas saya ini...
SAKIT...???
Sakit apa..???

mala said...

Hi Pa Leo...
CuRhat dulu ya Pa...
Slama 1 Smtr diajar bp,saya langsung t'trk bljr Statistik pdhl wktu sy sklh sy krng t'trk dg pelajaran hitung-menghitung,Memusingkan!
Frankly speaking, sy kagum bgt sm bp!
Smart,still young,open minded, and straightforward lecturer.
saya yakin bp akan menjadi One of the best lecturers at campus If...
# Sabar tuk ngjr mhsiswa yg gak ngerti
#Sering2 tersenyum ya pa,biar MK yang diajarin jadi gak tmbh sulit dan mahasiswa jadi gak Stress kalo di ksh tgs,OK ya Pa!
C u at campus...
By: Nurmala Hendrawaty (English Department)

putri saraswati said...

hah,jd bpk baru tau kl seorang putri saraswati itu cerewet?!tp asl bpk tau aj y,kecerewetan yg sy pny membwt org2 merindukan kehadiran sy!dan sy sgt yakin kl selama lburan smter ini psti bpk jg sgt merindukan kecerewetan yg sy pny,iya kan!!ayo ngaku aj pak...

naomi said...

pak leo ...

kangen !!!
hho.hho
bntr lg kt sm2 ultah ya

putri saraswati said...

pak,kok isi blognya ga ada yg romantis2 lg sich?!kyak lagu atw puisi gt!atw jgn2 bpk lg patah hati lagi?!

Sri Astuti Lena said...

Duh...mesti isi buku tamu segala...kaya kondangan aja...hehehe
Pak dosen...thx banyak atas kunjungan ke Blogs Lena. btw...kok jarang liat bapak di Lab Bio ya ? kmn aza ?

Anonymous said...

joely sitohang du..........h yapz pa yang hansom rese bgt nich kalau kasih tugas pusing nich saya ngerjain tugas struktur aljabar yach walaupun kelompok saya doank tw yang ngerjain dari VIIA mtk

Ambalan Chandra Kirana said...

kenapa ya dsn kok pd malas ngajar mau nya cuma ngasih foto copi an doang

Anonymous said...

lo said : " sir please don't make me and all the people lost because of your words.

Anonymous said...

lo said:
pak bisa gak klo lagi sebel sama mahasiswanya gak usah deh ngeluarin kata2 yang klo menurut saya gak pantas diucapin sm seorang pendidik. ya..bpkkan bs dibilang contoh untuk mahasiswanya, jadi klo begitu bpkkan harus bersikap dan berbicara selayaknya seorang pendidik.
tau gak pak kata yang bpk keluarin itu masih "STUCK" di kepala saya smp detik ini. tapi ada hikmahnya juga sih kan jadinya jika suatu saat nanti saya menjadi seorang pendidik( y.. skrg juga sudah sih!) saya gak keluarin kata2 yang menurut saya gak pantas itu, apalagi klo diliat dari asal muasal penyebabnya masih bisa ditolelir.
maaf pak saya kasih komen kayak gini. kan disuruh jujur kan? yaudah saya lagi jujur nih.
Sejak saya memulai untuk menjadi guru,setiap perilaku dan kelakuan.. eh sama aja ya..ya pokoknya setiap saya melihat dosen saya mengajar saat ini saya perhatiin bener2 mereka tentang cara mengajar, kasih tugas, pkokoknya semua attitudenya dikelas deh. ya.. pokoknya begitulah.
tapi kemaren, saya juga sdh praktekin kok, waktu saya lagi kesel banget sama murid saya bisa gak ngeluarin kt2 yang gak enak didenger bahkan saya masih bisa tersenyum sm mereka dan tertawa sama mereka. inipu berkat... yah.. bpk bs pikir sendiri deh!
ke pisangan naek omprengan maaf kepanjangan.

Leonard Mangunsong said...

Untuk LO:
Terima kasih yach untuk semua masukannya... saya seneng banget nich, ternyata ada yang perhatiin dan peduli sama cara ngajar saya...
Tetapi...
Saya punya alasan tertentu kenapa saya bersikap seperti itu, yang jelas bukan karena ada masalah di luar, lalu saya bawa ke kelas.
Oke dech, nanti saya usahakan buat posting khusus tentang ini...
Makasih ya mbak/mas (pilih)

yulismawati said...

sorry pak telat banget nih kirim proposalnya, ya saya kan sibuk selain udah ngajar saya kan juga ibu rumah tangga yang punya dede bayi umur 10 bln , ya mohon pengertiannya aja. nilai saya perlu di her ya pak trus kapan di hernya. klo bisa UAS nanti open book pak, aduh sayakan keseringan gak sempat belajar, ya pak.

Anonymous said...

Lo...said..
Pak kok jadi seperti soal True False aja disuruh milih.
ok let me introduce my name first.(Ah apa-apaan nih kok malah jadi kenalan sih, yo wiss ra' opo-opolah) i am a girl (mbak/teteh/eneng..whatever lah). nama saya teh Lorry Poniem Hasanah, cuma karena nama saya terlalu... bagi saya nyebelin makanya saya singkat Lo. dah tau kan sekarang.tp saya harap bpk tidak cari tahu tentang saya.Bisa kan?
baiklah..berdasarkan hal-hal yang ditemui oleh saya pada saat pelajaran Bapak berlangsung maka saya memberikan komentar :
1. Apa bedanya bapak sama para pegawai negri di negara kita ini?, Bapak tuh sebelas dua belas sama mereka. Katanya bapak terus memberikan motivasi pada anak didik bapak,tp apa...bapak masih korupsi yang namanya waktu. padahal kan motivasi berhubungan erat dengan kedisiplinan. jadi bagaimana bisa memberikan motivasi kalau setiap mata kuliah bapak, bapak selalu korupsi waktu, khususnya di awal waktu masuk pelajaran bapak.jadi apakah benar2 bapak memberikan motivasi kepada anak didik bapak?
2. Apakah bapak sudah benar-benar mengoreksi dengan benar semua jawaban UTS anak didik bapak, MASA.. udah open book waktu ujiannya , tapi masih mendapat nilai 5, jika yang paling tinggi itu 9.
Ngomong-ngomong, saat ini saya tidak sedang perang dingin sama bapak, karena perang dingin yang sesungguhnya sudah berakhir berpuluh-puluh tahun lalu. atw saya juga bukan tukang es, karena yang dikatakan perang dingin saat ini perang antar tukang es, jadi..karena saya bukan tukang es dan bapak juga bukan tukang es (yah.. saya juga gak tahu sih mungkin aja Bpk berniat tuk jadi tukang es..) So perang es hanya terjadi antara tukang es.
3. Kenapa bapak tidak bisa percaya dengan anak didik bapak? bukannya ingin berburuk sangka, namun kenyataan yang terjadi di lapangan sepertinya merujuk pada hal demikian.
oh ia, bapak berbicara kok seperti tidak sesuai dengan kenyataan? di blog bapak bapak bilang bapak seneng banget dapat komentar(mis kom. saya ttg cara mengajar bapak) tapi kenepa waktu bapak menceritakannya di kelas sepertinya bapak kok esmosi, apa perlu saya pinjamkan kompresan utnuk bapak?

Leonard Mangunsong said...

Oke... terima kasih atas semua attensi-nya.
Jawaban UTS sudah saya koreksi dan memang hasilnya seperti itu. Atau perlu dibagikan nich hasilnya?
Boleh aja...
Trus, saya terlambat... Oke dech, memang saya agak terlambat, tapi tujuannya supaya kalian tidak terlambat masuk kelas. (kalo saya masuk lebih dulu, mahasiswa datang terlambat, tapi kalo saya datang terlambat kan berarti mahasiswa tidak datang terlambat)
Saya emosi...??? Masa sich...
Oke dech, makasih yach mbak Poniyem Hasanah...
God Bless...

Anonymous said...

LOrry p. hasanah said...
pak, saya tidak meminta bpk memposting tentang komentar say yang pertama. komen saaya seperti itu hanya sekedar untuk bapak tahu saja dan bpk perbaiki ttg sikap bpk itu. saya juga tidak bertanya bpk ada masalah di luar atw tdk, krn menurut saya bpk bisa profesional kok. ttpi tetap saja masa bpk berkoar-koar tentang motivasi bahkan mungkin bpk sdh menjalankan penelitian ttgnya tp kenapa tdk di realisasikan dlm kehidupan bpk.
Saya rasa bpk juga sudah tahu jika kebanyakan dari anak didik bpk membenci bpk. Kenapa Pak?bpk sekarang ingin gitu merasakan jika seorang anak didik itu membenci pendidiknya. seperti yang pernah bpk rasakan dulu...gitu..?
Mungkin ittu akan berdamapk positif, namun pengaruh yang diterima setiap org itu berbeda-beda, ada yang menerimanya sebagai tantangan dan adalagi yang membuat mereka semakin malas atw menghindarinya.
Berdasarkan pengalaman mengajar saya,jika kita membuat anak didik kita suka pada kita, otomatis walaupun kita mengajar pelajaran yang sulit, namun karena mrk sudah suka sama kita otomatis mrk akan suka pada mata pelajaran yang kita bawakan.Darimana itu bisa terlihat? dari kehadiran mereka di kelas, nilai mereka bahkan dari permintaan mereka seperti kadang mereka minta ditambah lagi jam mengajarnya. sebelum saya mengajar dikelas tersebut,nilai-nilai mereka semua buruk bahkan mid testnya saja mrk sudah harus ikut remedial dan absen mrk buruk, namun setelah saya menggantikannya, semua itu berubah, saya tidak pernah memberikan remedial krn rata-rata nilai mrk sudah 8,5 yang tertinggipun 9,5 dan terendah hany 1 org saja, itupun nilainya 6,5.
Jadi jika guru dan murid saling mengerti, akan tercipta suasana belajar mengajar yang baik. nanti mrk akan mengerti kpn waktu bercanda dan kapan waktunya hrs serius, dan mrkpun menghormati serta menantikan pelajarannya.
Bagaimana pak?? knp sie pak, bpk hrs mempunyai hobi yang buruk, spt membacakan nilai ujian mrk di dpan kls. rumus ja hobiny mancing dan masak knp bpk punya hobi kaya deendless?tdk perlu dibagiin kertas ujiannya, jadikanlah kenangan atw klo perlu ditempel di tembok kamar bapak.
Don't let your students down. Jika ingin dihormati maka harus menghormati orang lain terlebih dahulu. jadi tercipta suasana yang kondusif dan saling hormat menghormati. Maka ada pepatah yang mengatakan "Jadilah kuda, bukan jadi keledai"
Tentang keterlambatan bpk tetap saja itu buruk. bagaimana bisa mahasiswa menjadi disiplin jika seorang pendidik yang menjadi contoh mrk slalu telat dan korupsi waktu.

Leonard Mangunsong said...

Buat LO lagi...
Makasih sekali lagi buat atensinya...
Makasih juga karena dengan kamu kasih komentar, rating blog ini makin naik...
Makasih juga untuk semua usul yang kamu berikan...
Bangsa Indonesia pasti bangga sekali punya guru yang kinerjanya baik seperti kamu...
Oke dech...
Tunjukkan apa yang bisa kamu lakukan untuk memajukan murid-murid km, gunakan semua cara yang terbaik untuk membangkitkan semangat murid-murid kamu...
God will proud on you...

Anonymous said...

pak minta contoh soal ujian anak sd untuk soal matematika dan bhs inggris donk!!! kelas 1-6 ya pak, bpkku yang baik dan klo senyum suka diumpetin. oleh Ttiek

Anonymous said...

pak minta contoh soal ujian anak sd untuk soal matematika dan bhs inggrisnya donk!! masa cuma tuk anak smu ja.ya pak, oke deh makasi ya bpkku yang baik hati dan klo senyum suka diumpetin....?

Anonymous said...

pak kami mahasiswi kelas 1 c yang selalu kompak dan selalu du2k dipojok depan.kami kesusahan untuk mencari tabel chi square.bantuin donk pak?klo, bisa nanti copy-in langsung dari laptob bapak?itung2 beramal pak yah kan mao pisah nanti kan ketemunya semester 4?jadi,tolong ya pak,,,he,,he,,

wichan 1B said...

Sore pak??
hmmm... mw comment aph yh??
plus minusnya pak Leo :
(+) pak leo gaul bangetz, cara ngajarnya seru abiez!! kadang2 suka gokil c,hehehe...
(-) kadang2 pak Leo suka gk on Time gt deah, padahal nh aQ slalu coba untuk datang tepat waktu ( kan sayang banget pak, waktu belajarnya jadi berkurang!)

Oow yaah pak, sbnrnya c gk da yang salah dengan cara ngajar Bpk, cm mungkin oTak Qt aja yang kadang2 LoLa,hee.. Kemampuan stiap mahasiswa kan beda2, ada yang cpt nerima pelajaran, da jg yg Lamaaa bngt. ( Bpk yang Sabar jja yyah!!)
Ttp SEMANGAT!!!

1 Lg neeh pak, saya agak sdikit kecewa wktu UTS kmrn pas tentang "Data Berkelompok", pdhl udah jauh2 hari saya BELAJAR, smp2 pas pagi sebelum UTS saya rela bangun jam 2.30 dini hari cm bwt berlatih ngerjain soal. Eeeh ternyata pas UTS malah open book. Hehehe.. Tapi gk pa2 c Pak, yang namanya BELAJAR itu gk ada kata BOSAN kan Pak?? apalagi STATISTIK, bth trs mnerus latihan!!
MAKASIH yaa Pak bwt smwNya!!
_Syukron Katsir_

Anonymous said...

NPM : 200821500171
pk Leo kl dtg KO SUKA tELAT SH?? kan waktu belajarnya jadi berkurang!!
Hmm... cara ngajar bpk asyik banget!! tp terlalu kecepetan dh pak,hee
Makasih yya pak bwt smwNya.
Tetep SEMANGAT pak!!!
Oche..
_Syukron Katsir_