Friday, July 4, 2008

Menentukan Ukuran Sampel

Salah satu syarat pengunaan teknik statistik Nonparametris adalah bahwa : sampel sebagai sumber data harus diambil secara random, atau yang disebut dengan random sampling. Random sampling berarti teknik pengambilan sampel yang memberi peluang sama kepada seluruh anggota populasi untuk dapat dipilih sebagai anggota sampel.
Sampel yang baik adalah sampel yang representatif yang mewakili populasi. Berapa jumlah anggota yang akan digunakan sebagai sumber data tergantung pada tingkat kepercayaan yang dikehendaki. Bila dikehendaki sampel dipercaya 100% mewakili populasi, maka jumlah anggota sampel sama dengan jumlah anggota populasi. Bila tingkat kepercayaan 95% maka jumlah anggota sampel akan lebih kecil dari jumlah anggota populasi.
Krejcie dan Morgan (1970) telah memberi panduan kepada kita dalam menentukan jumlah anggota sampel dari populasi tertentu dengan taraf kepercayaan 95%. Lihat tabel 1.2 (mohon maaf, tabel akan disertakan kemudian)
Dalam tabel 1.2 terlihat bahwa, bila jumlah anggota populasi N = 100 maka jumlah anggota populasi (s) yang diperlukan = 80. Bila jumlah anggota populasi 1000, maka jumlah sampel yang diperlukan = 285. Selanjutnya bila jumlah anggota populasi N =100.000, maka jumlah sampel yang diperlukan = 384.
Roscoe dalam buku Research Methods For Bussines (1992:253) memberikan saran-saran tentang ukuran sampel sebagai berikut :
1. Ukuran sampel yang layak digunakan dalam penelitian adalah antara 30 s/d 500.
2. Bila sampel dibagi dalam kategori (pria-wanita, pegawai negeri-swasta) maka jumlah anggota sampel setiap kategori minimal 30.
3. Bila dalam penelitian akan melakukan analisis dengan multivariat (korelasi atau regresi ganda misalnya), maka jumlah anggota sampel minimal 10 kali dari jumlah variabel yang diteliti. Misalnya variabel penelitiannya ada 5 (indedependen + dependen) maka jumlah anggota sampel = 10 x 5 = 50
4. Untuk penelitian eksperimen yang sederhana, yang menggunakan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol maka jumlah anggota sampel masing-masing 10 s/d 20

2 comments:

vulnerable said...

saat menghitung varian, kita membagi dengan n-1 dan n, mengapa demikian?

widyaastuty'sberau said...

saya ingin mlkk penelitian faktorial RAK, jarak tanam dan dosis pupuk, apakah ada ketentuan untuk menentukan besaran populasi tiap petak dan bagaimana menentukan besaaran sampelnya, apakah berkisar antara 10 - 20 sprti Roscoe (Research Methods for bussines) atau ada cara lain