Tuesday, July 22, 2008

Hasil Penelitian

Bulan lalu, saya mengerjakan penelitian yang berjudul Pengaruh Motivasi Kerja dan Suasana Lingkungan Kerja terhadap Kinerja. Hasilnya sebagai berikut :
  1. Motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja. Hal ini sesuai dengan teori yang saya dapatkan, artinya jika seorang karyawan termotivasi maka secara langsung maupun tidak langsung maka kinerjanya juga akan meningkat. Pengaruh yang diberikan motivasi terhadap kinerja adalah sebesar 49%.
  2. Suasana lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja. Hal ini sesuai dengan teori, artinya jika lingkungan kerja kondusif dan menyenangkan maka secara langsung maupun tidak langsung maka kinerja karyawan juga akan meningkat. Kontribusi yang diberikan suasana lingkungan kerja sebesar 39.5%.
  3. Dari dua simpulan di atas dapat diartikan bahwa kinerja dalam penelitian dipengaruhi sangat besar oleh motivasi dan kinerja secara parsial, yaitu sebesar 88,5%, artinya hanya dibutuhkan 11,5% lagi dari variabel-variabel yang lain.
  4. Secara bersama-sama ternyata motivasi dan suasana lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja. Hal ini berarti bahwa motivasi dan lingkungan kerja seharusnya dapat berjalan beriringan dalam meningkatkan kinerja. Dalam indikator motivasi ternyata terdapat satu indikator yang menyatakan kepuasan lingkungan, hal ini berarti bahwa secara tidak langsung suasana mempengaruhi kinerja dengan terlebih dahulu mempengaruhi motivasi kerja.

Dari hasil penelitian ini selanjutnya dapat disampaikan beberapa saran sebagai berikut:

  1. Organisasi harus mampu menciptakan cara untuk meningkatkan kinerja karyawan, dalam hal beberapa cara itu harus diupayakan sekreatif dan semenarik mungkin, sehingga karyawan merasa berhutang dan memiliki self belonging untuk memajukan organisasi.
  2. Organisasi juga harus mampu menciptakan suasana kerja yang nyaman, kondusif, tanpa perpecahan dan memiliki rasa kekeluargaan. Melalui suasana kerja yang menarik diharapkan motivasi kerja meningkatkan dan pada akhirnya juga akan meningkatkan kinerja karyawan.

Demikian, kiranya dapat menjadi bahan pertimbangan bagi seluruh pihak yang berkepentingan.

NB: Hasil penelitian ini saya rencanakan akan dikirim untuk diseminarkan dalam Seminar Nasional Matematika di Bandung bulan September 2008.

No comments: