Thursday, July 17, 2008

Hasil Penelitian Pendidikan

Satu bulan belakangan ini saya disibukkan dengan deadline penyelesaian Tesis saya. Karena saya mengambil jurusan Sumber Daya Manusia maka saya berpikir semua tenaga kerja termasuk guru dapat dijadikan bahan penelitian. Akhirnya saya mengambil judul Pengaruh Motivasi dan Suasana Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru.

Dari hasil pengumpulan teori, pembuatan instrumen hingga akhirnya mengumpulkan serta mengolah data didapatkan kesimpulan sebagai berikut:

1. Motivasi memberikan pengaruh positif terhadap kinerja guru. Kontribusi yang diberikan oleh motivasi secara parsial terhadap kinerja adalah sebesar 49%.

2. Suasana lingkungan kerja juga memberikan pengaruh positif terhadap kinerja guru. Kontribusi yang diberikan oleh suasana lingkungan kerja secara parsial adalah sebesar 39,5%.

3. Hasil penggabungan kontribusi di atas adalah 88,5%; artinya hanya dibutuhkan 11,5% lagi variabel lain yang mempengaruhi kinerja guru.

4. Secara bersama-sama motivasi dan suasana lingkungan kerja memberikan kontribusi sebesar 63,1% terhadap variasi kinerja guru.


Dari hasil penelitian ini dapat diberikan beberapa masukan bagi dunia pendidikan, sbb:
1. Pemerintah diupayakan dapat selalu memperhatikan guru, artinya dapat menjaga agar guru tetap termotivasi dengan baik serta mendapatkan suasana kerja yang nyaman.
2. Sekolah diharapkan dapat menciptakan iklim kerja yang kondusif, karena hasil penelitian ini memberikan fakta bahwa baik secara langsung maupun tidak langsung, suasana kerja dapat mempengaruhi motivasi dan selanjutnya mempengaruhi kinerja guru.
3. Guru diharapkan dapat memotivasi diri sendiri dengan baik, caranya dengan memandang pekerjaan sebagai hobi, bukan beban, sehingga dengan sendirinya dapat menciptakan suasana kerja yang nyaman dan menyenangkan.
4. Kombinasi yang tepat antara suasana kerja dan motivasi sangat diperlukan dalam meningkatkan kinerja guru.

Sekian, semoga bermanfaat.

NB: Hasil ini rencananya akan disidang tanggal 23 Juli 2008.
Doakan yach...

1 comment:

saraswati said...

emmmmm,penelitian bapak bagus,isinya sangat sesuai dengan jeritan hati para pengajar seperti saya ini.
good luck ya pak........