Tuesday, September 23, 2008

Forum Diskusi Judul Penelitian


Mahasiswa-mahasiswi Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, khususnya Program Studi Pendidikan Matematika, Bahasa Inggris dan Pendidikan Biologi dapat mengajukan rencana judul penelitiannya di sini.

Silahkan tuliskan nama Anda dan program studi Anda lalu kemudian Anda mulai menuliskan rencana judul penelitian Anda.

Secara teknis langkahnya sebagai berikut:
1. Klik tulisan comment di bagian bawah posting ini.
2. Tulis nama dan program studi Anda di bagian awal lembar komentar
3. Tuliskan judul penelitian Anda (jika memungkinkan, tuliskan pula bagaimana prosedur pengerjaannya)

Saya akan usahakan memberikan komentar secepat mungkin.

18 comments:

Leonard Mangunsong said...

Format

Nama:
Program Studi:
Judul:
Prosedur Kasar:

Anonymous said...

nama:rismawati
prog.study:pend.matematika
judul:Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika tentang Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 08 Pagi

Leonard Mangunsong said...

Judulnya udah bagus, cuma perlu diperjelas lagi Pendekatan Pembelajaran seperti apa? Kan ada cukup banyak pendekatan pembelajaran, kamu bisa pilih satu (dibandingkan dengan yang konvensional) atau dua untuk dibandingkan.
Semangat yach mbak Risma...

Anonymous said...

Nama:ria rizky amanah,prodi:pend mtk,mt kuliah:mtd pnlitian,judul:pengaruh kurangnya sarana dan prasarana terhadap daya tangkap anak dalam pelajaran mtk

Anonymous said...

nama: Rita Sahara
Program Studi:Pend. Matematika/smstr V
Judul: PEngaruh Rasio antara Guru dan Murid Terhadap Keefektivan Belajar Di Sekolah

Anonymous said...

nama: Eka Setyawati
Program Studi:Pend. Matematika/smstr V
Judul: Pengaruh Waktu/Jadwal Belajar dan Suasana Belajar Terhadap HBM

Leonard Mangunsong said...

Untuk Ria:
Kurangnya sarana dan prasarana? Gimana kalo diganti dengan Pengaruh Fasilitas Belajar aja?

Untuk Rita Sahara:
Saya suka judulnya, tapi kamu harus perbandingkan banyak sekolah nich... ya udah semangat yach...

Untuk Eka:
Saya juga suka judulnya, tapi supaya ini tidak lari ke komparasi, sebaiknya "waktu belajar" diganti dengan variabel2 yang sifatnya interval.

Tapi secara keseluruhan, udah bagus kok semuanya, sekarang coba cari teori-teorinya ya...

Anonymous said...

Nama:ria rizky amanah,mksdny saya kan ad sekolah yg kurang sarana dan prasaranany pak..Klo fasilitas belajar bukanny msh terlalu umum?Supaya lbh spesifik aj..Gmana menurut bapak..

putri said...

nama:putri saraswati
prodi:b.inggris
judul:pengaruh bimbingan belajar bahasa inggris terhadap hasil belajar bahasa inggris siswa kelas 4 sdn 05 petang pondok bambu
prosedur kasar apaan tuh pak?

Leonard Mangunsong said...

Untuk Ria:
Oke... kalau kamu berpendapat seperti itu, saya setuju.
Tapi kamu harus coba buat lebih spesifik, apa makna dari kurang sarana prasarana dan cukup sarana prasarana, supaya nanti penelitiannya punya hasil yang bagus.

Untuk Putri:
Judulnya bagus, walaupun masih biasa dan terlalu umum diteliti. Gak bisa cari judul lain yang punya nilai jual? Gimana kalo coba rancang judul lain....
Prosedur kasar itu artinya rencana kegiatan kamu dalam melaksanakan judul penelitian itu, tapi hanya berupa deskripsi aja.

Anonymous said...

Nama:ria rizky amanah,prodi:pend mtk,judul penelitian:pengaruh fasilitas belajar di sekolah thdp HBM

eka said...

nama : eka mustika putra 200613500070
program study : matematika
judul kasar : pengaruh sifat tingkah laku siswa tergadap hasil belajar matematika di smpn92 jakarta

putri said...

aduh pak judul lain apalagi yang ini aja udah bwt saya stres bgt!!!emm,tapi kalo judulnya tentang pengaruh nilai standar kelulusan bahasa inggris terhadap kecemasan dalam belajar bahasa inggris siswa gmn?emm,ta judul pertama sayaudah sampe bab 2,khatus ganti judul kyknya ribet deh apa,apalagi deadlinenya udah deket gt.emm,deadlinenya di undur sampe uas aj gmn?!hehehe....

eka said...

eka mustika putra
matematika

Pengaruh Penguasaan Konsep (COGNITION) dan Ketrampilan (MOTORIC) terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal-soal Aplikasi (AFFECTIVE)

Leonard Mangunsong said...

UNtuk Putri:
YA udah, silahkan dilanjutkan sesuai kemampuan kamu aja...

Untuk Eka MUstika Putra:
Kita udah bahas di kelas kan kemarin...

putri said...

makasih ya pak......
wish me luck ya...

lauca said...

nama:lauca
prog.stud:statistika
judul:pengendalian kualitas prestasi siswa/i IPA SMU C.R.Duynhoven

saya ingin menggunakan metode SQC,tapi bingung nentukan BLA & BLB pada diagram kontrol,
siswanya ada sekitar 80 orang,berapa sampel yang saya butuhkan?

Leonard Mangunsong said...

Untuk Lauca,
Sebenarnya dengan mengambil sampel 1/2 dari jumlah populasi yang ada sudah cukup untuk mengcover analisis menggunakan SQC.
Tapi, kalau memang mau hasilnya lebih realistik dan meyakinkan, kamu ambil aja semua anggota populasinya, apalagi masih di bawah 100.
Gimana? Semangat yach..!!!
Btw, Statistik di Kampus mana?