Wednesday, October 8, 2008

Keterlibatan & Inisiatif

Andy Grove, CEO Intel Corporation, memiliki sembilan tips manajemen yang menunjukkan komitmennya kepada peningkatan kesejahteraan karyawan:
  1. Motivasi datang dari dalam diri seseorang. Seringkali yang bisa dilakukan oleh seorang manajer adalah menciptakan suatu lingkungan dimana orang-orang termotivasi untuk maju dalam kerjanya dengan baik.
  2. Seorang pelatih yang baik tidak akan mengambil keuntungan demi kepentingan pribadi dari kesuksesan tim. Dia hanya memainkan perannya dalam tim, benar-benar memahaminya dan cukup berusaha keras untuk mendapatkan performansi paling baik yang bisa diberikan oleh tim tersebut.
  3. Pikirkan apa yang harus Anda lakukan untuk memecahkan dan menghindari masalah-masalah esok hari.
  4. Lakukan segalanya dengan kekuatan yang Anda punyai untuk memberikan layanan terbaik yang memungkinkan kepada mitra-mitra kerja Anda.
  5. Waktu merupakan salah satu sumber kekuatan Anda yang terbatas; ingatlah bahwa ketika Anda mengatakan "YA" untuk satu hal, Anda harus mengatakan "TIDAK" untuk hal-hal lainnya.
  6. Jadwalkan satu jam setiap hari untuk menangani interupsi-interupsi yang tak terelakkan dalam cara-cara yang terencana dan terorganisir.
  7. Tinjau ulang performansi karyawan merupakan faktor yang sangat penting.
  8. Untuk mengumpulkan informasi mengenai sebuah divisi korporasi atau departemen secara akurat, adakan suatu kunjungan tanpa pemberitahuan sebelumnya dan amatilah apa yang sedang terjadi di sana.
  9. Jika seorang karyawan tidak melakukan pekerjaannya, hanya ada dua kemungkinan. Satu, dia tidak mampu atau dia tidak ingin melakukannya. Untuk memastikan alasan yang tepat, gunakanlah tes berikut ini: Jika kehidupan seseorang bergantung pada pekerjaannya, apakah dia mampu melakukannya? Jika jawabannya "YA", maka masalahnya adalah motivasi. Jika jawabannya "TIDAK", masalahnya adalah kurangnya kemampuan si karyawan untuk melakukan hal itu.

"Seorang individu tanpa informasi tidak bisa menerima tanggung jawab; seorang individu yang diberi informasi mungkin tidak bisa membantu, tetapi dia bisa menerima tanggung jawab."

(JAN CARLZON, Former President & CEO, Scandanavian Airlines System)

No comments: