Monday, June 12, 2017

Memulai Penelitian

Tulisan kali ini sebenarnya hanya bertujuan untuk MEMAKSA saya dan rekan-rekan saya, khususnya rekan yang berkecimpung dalam dunia akademik, baik sebagai guru maupun dosen.
Ada banyak pendidik yang berpikir bahwa penelitian adalah sesuatu yang sulit untuk dikerjakan, bahkan beberapa sudah terlanjur berpikir bahwa mereka tidak mampu atau tidak berbakat untuk melaksanakan penelitian. Hal ini jelas keliru, mengingat penelitian seharusnya dapat dilaksanakan secara sederhana dan tidak membutuhkan hal-hal yang menyulitkan.

Penelitian dapat dimulai dari BERTANYA.

Mengapa bertanya? Dengan bertanya, sebenarnya kita diajak untuk berpikir filosofis. Hakikat bertanya adalah mencari tahu sesuatu yang sebelumnya tidak kita ketahui. Bertanya memberi kesempatan bagi otak kita berlatih dan mencari jawaban dari apa yang tidak kita ketahui.

Jepang.. tidak seperti kebanyakan negara lain di dunia, memberikan penekanan cukup besar terhadap bertanya. Bahkan di Jepang, bertanya adalah kompetensi yang harus dimiliki oleh setiap siswa di Jepang. Setiap siswa dilatih dan dipaksa untuk mempertanyakan apapun yang ingin mereka ketahui dan tidak ada wajah guru-guru galak yang tidak suka dengan banyaknya pertanyaan dari siswa yang mereka ajar.

Lalu.. mengapa kita tidak mulai dengan hal-hal sederhana...?
Bertanya...

Bertanya, mengapa banyak siswa yang kurang berminat mempelajari apa yang kita ajarkan?
Bertanya, mengapa banyak pendidik cenderung menggunakan metode pembelajaran yang itu-itu saja?
Bertanya, mengapa sedikit siswa yang mempunyai mental kuat dalam menghadapi berbagai masalah?
Bertanya, mengapa banyak siswa yang cenderung mudah menyerah?
Dan masih banyak pertanyaan lainnya..

Semua butuh jawaban... dan caranya adalah dengan meneliti..

Ayo segera bertanya...

No comments: