Sunday, April 17, 2011

Bagaimana Meneliti (Eksperimen Pendidikan)..??

Tulisan ini berusaha memberikan gambaran secara umum, bagaimana memulai dan menyelesaikan penelitian pendidikan (khususnya eksperimen)..
Penelitian eksperimen tentunya berusaha untuk mendapatkan suatu gambaran aktual terhadap situasi dan kondisi tertentu yang dirancang oleh peneliti. Dalam hal ini, memang tidak mungkin membuat suatu kondisi yang fix dan stabil, oleh karena itu, dalam pendidikan hanya bisa dilakukan dalam bentuk eksperimen semu.
Langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah:
1. Peneliti merumuskan masalah di kelas yang perlu disikapi, terutama hal-hal yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar, rendahnya minat, dan lain-lain.
2. Peneliti mencoba mengumpulkan alternatif-alternatif pemecahan masalah, baik dalam bentuk etode pembelajaran, penggunaan alat bantu, atau lain sebagainya.
3. Peneliti mengumpulkan teori pendukung dan membuat RPP sesuai pilihan metode dan materi yg akan diajarkan. Peneliti juga mempersiapkan instrumen untuk mengukur variabel-variabel yang diteliti (lakukan uji coba instrumen).
4. Peneliti melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan RPP yang telah dibuat selama periode tertentu. Dalam hal ini, kelas dibagi menjadi beberapa kelompok, yakni kolompok eksperimen dan kontrol.
5. Peneliti mengambil nilai menggunakan instrumen yang telah dibuat untuk kelompok eksperimen dan kontrol.
6 Peneliti mengolah data, meliputi: statistik deskriptif, uji syarat analisis (normalitas, homogenitas), dan uji hipotesis (beda rata2, anova, ankova).
7. Peneliti menyelesaikan laporan.

Selamat meneliti.

No comments: