Friday, July 3, 2009

Uji Persyaratan Analisis Data

UJI NORMALITAS

CARA I : Uji Chi Kuadrat (c2)

Uji Normalitas dengan Uji Chi Kuadrat (c2) rumusnya adalah :


dimana Oi = fi adalah frekwensi absolut / pengamatan, dan Ei = (S fi ).Zi. Sedangkan Zi adalah luas daerah dibawah kurva normal untuk kelas interval ke-i, sehingga daerah tersebut dibatasi oleh angka baku z untuk tepi atas dan tepi bawah kelas interval tersebut.

Kriteria kenormalannya adalah jika c2hitung < c2tabel maka data tersebut berdistribusi normal. Nilai c2tabel adalah nilai c2 untuk taraf nyata ( a ) = 5% dan derajat kepercayaan (dk) = k – 3 dimana k adalah banyaknya kelas interval. (Lihat di buku Metode Statistika, Sudjana, hal. 291)

CARA II : Metode Liliefors

Digunakan metode Liliefors, dengan ketentuan jika nilai Lhitung <>tabel maka data berasal dari populasi normal. Nilai Ltabel diperoleh dari tabel Uji Liliefors, misal untuk taraf nyata 5 % dan jumlah data lebih dari 30 responden maka nilai Ltabel adalah :

(Lihat di buku Metode Statistika, Sudjana, hal. 467)

Sedangkan Lhitung adalah harga terbesar dari |F(Zi) – S(Zi)|, dimana Zi dihitung dengan rumus angka normal baku : ; Xi = data ke-i; = rata-rata; s = simpangan baku. Nilai F(Zi) adalah luas daerah di bawah normal untuk Z yang lebih kecil dari Zi. Sedangkan nilai S(Zi) adalah banyaknya angka Z yang lebih kecil atau sama dengan Zi dibagi oleh banyaknya data (n)..


1 comment:

Fred said...

Terima kasih atas pos besar, formula ini akan sangat membantu.