Wednesday, July 15, 2009

Artikel Hasil Penelitian Kinerja Guru

Abstrak: Semakin menurunnya kinerja guru sudah seharusnya menjadi perhatian kita semua. Penurunan kinerja guru tentunya akan berdampak pada kualitas proses pembelajaran yang pada akhirnya akan mempengaruhi kualitas lulusan. Semakin rendahnya kinerja guru mungkin disebabkan oleh banyak faktor.


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji kebenaran hipotesis tentang pengaruh motivasi kerja dan suasana lingkungan kerja terhadap kinerja guru, baik secara parsial maupun secara bersama-sama.


Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode survey. Sampel yang diambil adalah keseluruhan populasi yang berjumlah 30 orang. Instrumen penelitian menggunakan skala Likert masing-masing berjumlah 25 soal, yang terdiri dari: 1) instrumen motivasi kerja, 2) instrumen suasana lingkungan kerja dan 3) instrumen kinerja. Analisis data menggunakan statistik deskriptif, analisis regresi linier sederhana dan regresi linier ganda. Analisis data dilakukan setelah dipenuhi persyaratan normal dan uji pelanggaran asumsi klasik.


Hasil pengujian hipotesis diperoleh sebagai berikut: 1) motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, 2) suasana lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru dan 3) secara bersama-sama motivasi dan suasana lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru.


Hasil penelitian dapat digunakan oleh sekolah untuk terus meningkatkan motivasi kerja para guru dengan cara meningkatkan kenyamanan suasana lingkungan kerja, sehingga pada akhirnya kinerja guru juga akan meningkat.

Kata Kunci : Guru, Motivasi, Suasana, Kinerja



Butuh Artikel Lengkap..??? Silahkan download link di bawah ini:

http://www.ziddu.com/download/5611737/SuasanaKerjaTerhadapKinerjaGuru.pdf.html

Atau bila link tidak bekerja dengan baik, silahkan copy link ke browser Anda...

3 comments:

mgmp ekonomi kbb said...

LAm kenal saya sangat membutuhkan tentang artikel kinerja guru. trimakasih

mgmp ekonomi kbb said...

lam kenal. saya sedang mencari artikel kinerja guru dan ketemu disini, thanks

Leonard Mangunsong said...

Puji Tuhan kalo tulisan saya memberikan manfaat bagi orang lain...
Silahkan didownload, bila kesulitan silahkan kirim email, sy akan kirim artikel lengkapnya..
Terima kasih..