Sunday, March 1, 2009

Informasi Seminar INDO-MS


TEMA:
INTEGRASI TEKNOLOGI INFORMATIKA DAN KOMPUTER (TIK) DALAM BELAJAR MATEMATIKA: MENUJU PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK SEMUA
(ICT INTEGRATION IN LEARNING MATHEMATICS: TOWARDS MATHEMATICS LEARNING FOR ALL)


PENDAHULUAN
Kemajuan Pendidikan Matematika melalui INDO-MS akan mendapatkan manfaat yang besar melalui kegiatan pertemuan ilmiah dan interaksi secara berkala dari para ahli matematika, pendidik, guru, siswa dan mahasiswa, peneliti dan ilmuwan di Indonesia. Untuk memenuhi hal itu diadakan pertemuan ilmiah pendidikan matematika dalam bentuk Konferensi Nasional Pendidikan Matematika (KNPM) ke-3 yang akan diadakan di UNIMED Medan Sumatera Utara pada tanggal 23 – 25 Juli 2009. Pertemuan KNPM I diadakan ITB Bandung di Bogor pada bulan Juli 2005 dan KNPM II dilaksanakan pada Bulan juli 2007 dimana UPI Bandung menjadi tuan rumahnya. Pada KNPM III di UNIMED Medan kali ini diprogramkan adanya presentasi utama, paralel dan Khusus guru dan pendidik. Presentasi utama diadakan di Auditorium UNIMED dan sesi paralel dilaksanakan di Gedung Rektorat UNIMED. Sedangkan acara presentase guru dan pendidik dilaksanakan di Ruang VIP Gedung Serbaguna UNIMED.

TUJUAN DAN TOPIK
Tujuan KNPM III ini untuk menyediakan sebuah forum peneliti, guru, pendidik, dosen, mahasiswa dan siswa untuk berbagi ide, berkomunikasi dan berdiskusi tentang penemuan baru pembelajaran matematika di berbagai tempat di Indonesia dan dunia. Forum ini juga bertujuan meningkatkan eksplorasi terhadap pertukaran ide matematikawan dan untuk menambah aktivitas ilmiah di wilayah Sumatera Utara ini. Topik diskusi dalam konferensi ini antara lain: Reformasi kurikulum dalam konteks budaya yang berbeda, Penilaian dalam Pendidikan Matematika, Pembelajaran Matematika tingkat SD, SMP dan SMA/sederajat, Pembelajaran Matematika Berbahasa Inggeris, Pendidikan Guru dan Pengembangan Kemampuan Profesional Guru dan Dosen Matematika, Integrasi ICT dalam Pembelajaran Matematika, Pemecahan Masalah Matematika, Pembelajaran Pola Berpikir Tingkat Tinggi dalam Matematika, Penelitian Pendidikan Matematika.Juga disediakan topik khusus yaitu Forum Guru agar guru dapat berbagi dan berdiskusi membahas pengalaman belajar dan pembelajaran di kelas.
Kegiatan KNPM III yang lain diantaranya dalam bentuk perlombaan seperti Lomba Pembuatan CD Pembelajaran Matematika untuk guru dan mahasiswa, Lomba Cipta Kreasi Pantun Matematika untuk siswa semua tingkatan,dan Lomba Cipta Kreasi Cerita Pendek, Humor, Anekdot tentang “GURU MATEMATIKAKU” untuk masyarakat umum.

TANGGAL PENTING
- Batas Akhir penerimaan Abstrak 29 Mei 2009
- Pengumuman Penerimaan Abstrak 19 Juni 2009
- Batas Akhir pengiriman makalah 16 Juli 2009
- Tanggal Konferensi 23 – 25 Juli 2009

PENYAJI UTAMA (Tentative)
Prof. Dr. Koeno Gravemeijer (The University of Utrecht, Belanda)
Prof. Dr. Zulkardi, MSc, MIkom (Universitas Sriwijaya, Palembang)
Prof. Soejadi (UNESA Surabaya)
Dr. Yansen Marpaung (Universitas Sanata Dharma, Yogya)

KOMITE SAINS MATEMATIKA
Prof. Dr. Sutarto Hadi, MS, MSc (Universitas Lambung Mangkurat)
Dr. Saib Suwilo, MSc (Universitas Sumatera Utara)
Dr. Tulus (Universitas Sumatera Utara)

KOMITE PENDIDIKAN MATEMATIKA
Prof. Dr. Ahmad Fauzan, MPd, MSc (Universitas Negeri Padang)
Dr. Rahmah Johar, MPd (Universitas Syiah Kuala)
Dr. Bornok Sinaga, MPd (UNIMED)
Dr. Sahat Saragih, MPd (UNIMED)

KOMITE PENYELENGGARA
Prof. Dian Armanto, MSc, PhD (Ketua) Ida Karnasih, MSc, PhD
Prof. Dr. P. Siagian, MPd Prof. Dr. Asmin, MPd
Dr. Mukhtar, MPd Dr. W. Rajagukguk, MPd

INSTRUKSI UNTUK PENULIS
Abstrak
Abstrak harus ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Inggeris dengan panjang maksimal 200 – 300 kata, diketik 1 spasi dengan tipe ketikan Time New Roman 12 font.

Makalah
Makalah ditulis dalam bahasa Indonesia atau Inggeris dengan panjang maksimal 8 halaman. Penulis diharapkan mengikuti format berikut ini.
- Makalah ditulis dengan MS Word, 1 spasi dengan ketikan dalam tipe Time New Roman 12. ukuran dokumen dengan lebar 5” dan tinggi 7” .
- Nama, alamat pos dan email diletakkan di bawah judul makalah.
- Persamaan diletakkan di tengah di dalam tanda kurung.
- Table, grafik, dan gambar lainnya harus dimasukkan ke dalam teks.
- Kutipan ditulis di dalam teks diindikasikan dengan nama pengarang, dan tahun publikasi diletakkan dalam tanda kurung.
- Semua daftar pustaka ditulis berdasarkan alpabet dan ditulis di akhir makalah.

BIAYA PENDAFTARAN
Biaya pendaftaran berjumlah US 120 untuk Peserta Internasional dan sejumlah Rp 400.000 untuk Peserta Lokal. Untuk mahasiswa dikenakan biaya sebesar US 80 (peserta Internasional) dan Rp 250.000 (Peserta Lokal). Peserta Internasional dan Lokal ditentukan berdasarkan afiliasi peserta dalam makalah yang dikirim. Biaya termasuk untuk material konferensi, abstrak konferensi, makan siang, dan kudapan. Biaya peserta dengan 2 makalah dikenakan sebesar US 180 (peserta Internasional) dan Rp 600.000 (Peserta Lokal). Anggota INDO-MS membayar Rp350.000,-.

METODE PEMBAYARAN
1. Transfer Bank. Silahkan mengirim bukti pembayaran melalui transfer Bank melalui fax (email) ke Sekretariat Panitia penyelenggara.
Nomor account Bank Panitia Penyelenggara:
2. Pembayaran Langsung ke Panitia Penyelenggara.

AKOMODASI
Panitia menyediakan akomodasi untuk penyaji utama. Untuk peserta, terdapat banyak hotel di Medan yang dekat dengan UNIMED, seperti Hotel Inna Dharma Deli, Hotel Grand Angkasa, Hotel Madani. Panitia menyediakan bus yang secara berkala mengangkut peserta dari hotel menuju UNIMED dan sebaliknya.

SEKRETARIAT PANITIA
1. Prodi Pendidikan Matematika, Pascasarjana Unimed, Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan 20221, Sumatera Utara, Indonesia.
2. Prodi Pendidikan Dasar, Pascasarjana Unimed, Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan 20221, Sumatera Utara, Indonesia.
3. Prodi Pendidikan Matematika, FMIPA UNIMED, Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan 20221, Sumatera Utara, Indonesia.
4. Email: knpm3unimed@yahoo.com
Phone: +62 61 6636730 Mobile: +6281361678504

No comments: