Woowww, ternyata sudah sekian lama saya tidak membuka account blog ini, dan sepertinya juga ada banyak komentar yang menunggu dimoderasi, dan dipublish.
Ini sebenarnya akibat dari tindakan "selingkuh" yang saya lakukan saat mencoba untuk membuat website lain dan akhirnya malah tidak berjalan dengan baik. hehehe.. Rencananya saya akan coba kembali aktifkan blog ini sebagai wahana untuk belajar, berbagi, dan berdiskusi, antara rekan sejawat, dan juga mahasiswa di seluruh Indonesia, atau seluruh dunia.
Mohon masukan dan saran, mungkin ada keinginan dari pembaca mengenai ide, atau bahan yang ingin diperoleh, sebisa mungkin akan saya bantu cari atau mungkin saya siapkan file-nya agar bisa didownload gratis..
Sebagai permulaan, mungkin rekan-rekan berminat untuk membaca artikel saya tentang kemampuan berpikir, yang dimuat di jurnal Cakrawala Pendidikan Vol. 32 No. 1 Februari 2013.
Klik link ini saja atau copy ke address bar:
http://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/1259
Welcome Back..
Monday, May 13, 2013
Saturday, September 10, 2011
Informasi Hibah Penelitian UNINDRA
Salam Peneliti,
Bersama ini kami informasikan untuk tahun anggaran 2012, Universitas Indraprasta PGRI mendapatkan pagu anggaran penelitian dari pemerintah, cq. Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.
Adapun skim penelitian yang dikompetisikan adalah:
1. Hibah Bersaing (maks. Rp. 50.000.000,-)
2. Hibah Pascasarjana (maks. Rp. 90.000.000,-)
3. Hibah Fundamental (maks. Rp. 40.000.000,-)
4. Hibah Pekerti
5. Hibah RAPID
Untuk itu, diminta kepada bapak/ibu dosen di lingkungan Universitas Indraprasta PGRI untuk mengirimkan proposal penelitian berdasarkan panduan setiap skim penelitian yang dituju.
Adapun tema penelitian adalah:
1. Pengembangan Pendidikan Karakter berbasis Teknologi dan Komunikasi
2. Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan
Proposal dikirim ke LP2M UNINDRA paling lambat tanggal 23 September 2011 pukul 16.00 WIB, dengan format standar (lihat dalam panduan, yang dapat didownload dalam BLOG ini- pojok kanan atas).
Informasi: silakan menghubungi LP2M UNINDRA.
Bersama ini kami informasikan untuk tahun anggaran 2012, Universitas Indraprasta PGRI mendapatkan pagu anggaran penelitian dari pemerintah, cq. Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.
Adapun skim penelitian yang dikompetisikan adalah:
1. Hibah Bersaing (maks. Rp. 50.000.000,-)
2. Hibah Pascasarjana (maks. Rp. 90.000.000,-)
3. Hibah Fundamental (maks. Rp. 40.000.000,-)
4. Hibah Pekerti
5. Hibah RAPID
Untuk itu, diminta kepada bapak/ibu dosen di lingkungan Universitas Indraprasta PGRI untuk mengirimkan proposal penelitian berdasarkan panduan setiap skim penelitian yang dituju.
Adapun tema penelitian adalah:
1. Pengembangan Pendidikan Karakter berbasis Teknologi dan Komunikasi
2. Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan
Proposal dikirim ke LP2M UNINDRA paling lambat tanggal 23 September 2011 pukul 16.00 WIB, dengan format standar (lihat dalam panduan, yang dapat didownload dalam BLOG ini- pojok kanan atas).
Informasi: silakan menghubungi LP2M UNINDRA.
Sunday, April 17, 2011
Bagaimana Meneliti (Eksperimen Pendidikan)..??
Tulisan ini berusaha memberikan gambaran secara umum, bagaimana memulai dan menyelesaikan penelitian pendidikan (khususnya eksperimen)..
Penelitian eksperimen tentunya berusaha untuk mendapatkan suatu gambaran aktual terhadap situasi dan kondisi tertentu yang dirancang oleh peneliti. Dalam hal ini, memang tidak mungkin membuat suatu kondisi yang fix dan stabil, oleh karena itu, dalam pendidikan hanya bisa dilakukan dalam bentuk eksperimen semu.
Langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah:
1. Peneliti merumuskan masalah di kelas yang perlu disikapi, terutama hal-hal yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar, rendahnya minat, dan lain-lain.
2. Peneliti mencoba mengumpulkan alternatif-alternatif pemecahan masalah, baik dalam bentuk etode pembelajaran, penggunaan alat bantu, atau lain sebagainya.
3. Peneliti mengumpulkan teori pendukung dan membuat RPP sesuai pilihan metode dan materi yg akan diajarkan. Peneliti juga mempersiapkan instrumen untuk mengukur variabel-variabel yang diteliti (lakukan uji coba instrumen).
4. Peneliti melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan RPP yang telah dibuat selama periode tertentu. Dalam hal ini, kelas dibagi menjadi beberapa kelompok, yakni kolompok eksperimen dan kontrol.
5. Peneliti mengambil nilai menggunakan instrumen yang telah dibuat untuk kelompok eksperimen dan kontrol.
6 Peneliti mengolah data, meliputi: statistik deskriptif, uji syarat analisis (normalitas, homogenitas), dan uji hipotesis (beda rata2, anova, ankova).
7. Peneliti menyelesaikan laporan.
Selamat meneliti.
Penelitian eksperimen tentunya berusaha untuk mendapatkan suatu gambaran aktual terhadap situasi dan kondisi tertentu yang dirancang oleh peneliti. Dalam hal ini, memang tidak mungkin membuat suatu kondisi yang fix dan stabil, oleh karena itu, dalam pendidikan hanya bisa dilakukan dalam bentuk eksperimen semu.
Langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah:
1. Peneliti merumuskan masalah di kelas yang perlu disikapi, terutama hal-hal yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar, rendahnya minat, dan lain-lain.
2. Peneliti mencoba mengumpulkan alternatif-alternatif pemecahan masalah, baik dalam bentuk etode pembelajaran, penggunaan alat bantu, atau lain sebagainya.
3. Peneliti mengumpulkan teori pendukung dan membuat RPP sesuai pilihan metode dan materi yg akan diajarkan. Peneliti juga mempersiapkan instrumen untuk mengukur variabel-variabel yang diteliti (lakukan uji coba instrumen).
4. Peneliti melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan RPP yang telah dibuat selama periode tertentu. Dalam hal ini, kelas dibagi menjadi beberapa kelompok, yakni kolompok eksperimen dan kontrol.
5. Peneliti mengambil nilai menggunakan instrumen yang telah dibuat untuk kelompok eksperimen dan kontrol.
6 Peneliti mengolah data, meliputi: statistik deskriptif, uji syarat analisis (normalitas, homogenitas), dan uji hipotesis (beda rata2, anova, ankova).
7. Peneliti menyelesaikan laporan.
Selamat meneliti.
Subscribe to:
Posts (Atom)