Sunday, February 7, 2010

Lima Rute Metodologis Menuju Penelitian Radikal

Pemisahan metodologi menjadi pendekatan-pendekatan yang berbeda cukup sesuai- terlalu sesuai dan sering kali problematis. Tiap-tiap pendekatan memuat asumsi mengenai pengalaman, bahasa dan realitas yang dapat menjauhkan peneliti dari pertanyaan yang sesungguhnya hendak diajukan. Kelima pendekatan berikut amatlah bermanfaat, tetapi perlu digunakan dengan suatu cara yang sekaligus menjadikan pendekatan-pendekatan itu sebagai sasaran pertanyaan.
  1. Etnografi - apakah Anda hendak memberikan suatu gambaran koheren dari suatu realitas yang dihidupi secara intern oleh suatu kelompok, lembaga atau komunitas, ataukah Anda hendak mengikuti bagaimana suatu laporan yang berbeda merefleksikan minat yang berbeda?
  2. Wawancara - apakah Anda mencoba menghargai laporan yang diberikan seseorang apapun yang dikatakannya, ataukah Anda hendak memperjelas ketidaksetujuan Anda atas perkataan mereka di dalam proses penelitian?
  3. Naratif - akankah Anda mengasumsikan bahwa kisah Anda kumpulkan harus selalu memiliki awal, tengah, dan akhir, ataukah Anda terbuka bagi kejutan bentuk naratif yang berbeda dari yang Anda asumsikan?
  4. Wacana - akankah Anda membatasi diri pada apa yang terlihat pada transkrip atas teks lain yang Anda analisis, ataukah Anda akan mempergunakan sumber lain untuk memahami apa yang Anda hadapi?
  5. Psikoanalisis - akankah Anda mencari motif-motif psikologis yang penting untuk menjelaskan suatu kejadian atau akankah Anda juga mempertanyakan apa yang mengharuskan gagasan penting bahwa motif psikologis dibalik suatu peristiwa harus berada di urutan pertama?

Penelitian yang terbaik tidak mengizinkan dirinya sendiri dibatasi hanya oleh metodologinya sendiri. Inovasi sering kali dapat dilakukan dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan penyelidikan atas pendekatan tertentu, dari posisi orang lain yang menguntungkan, yang digerakkan oleh proyek politis eksplitis maupun implisit.

Sumber: Psikologi Kualitatif - Ian Parker, ANDI - 2008

No comments: